Install Windows 7 / Windows 8 dari Flash Disk [Cara Paling Mudah Membuat USB Bootable Windows tanpa Software]

Hari ini pekerjaan kita semakin mudah saja dalam urusan berkomputer ria. Saya masih ingat masa-masa harus menginstall Windows XP atau Windows 98 bahkan Windows 7 dan Windows 8 dari keping CD/DVD. Kadang-kadang instalasi berhenti ditengah jalan karena CD yang sudah tergores-gores. Sangat menjengkelkan!
Tapi kini Windows XP sudah mulai ditinggalkan orang untuk beralih ke Windows 7 dan
sebentar lagi Windows 8. Banyak kemajuan dan kemudahan yang terhampar padanya. Keindahan antarmukanyapun sangat berbeda jauh dibandingkan Windows sebelum-sebelumnya. Selain itu -dan ini yang menjadi topik  pembicaraan kita- instalasi tidak harus dari keping DVD melainkan dapat juga dari Flash Disk. Mudah bukan?

Di luar sana Anda dapat menemukan software (misalnya Win to Flash) yang dapat membantu Anda membuat Windows 7 dan Windows 8 dapat booting dari Flash Disk. Dengan begitu Anda tidak membutuhkan keping DVD untuk meng-install Windows 7/8. Saya pernah menggunakannya tapi kini tidak lagi. Karena saya sudah menemukan cara mudah dan cepat membuatnya. Mungkin Anda dapat menebak atau bahkan tidak sama sekali cara yang saya maksudkan :)

Caranya mudah saja.
  1. Siapkan file ISO Windows 7 atau Windows 8. 
  2. Siapkan Flash Disk yang cukup memuat file ISO tersebut (siapkan saja Flash Disk 4 GB). 
  3. Ketiga, Format Flash Disk tersebut, tapi boleh juga tidak. 
  4. Ekstrak file ISO Windows ke Flash Disk.
  5. Selesai. Kini Anda dapat meng-instal Windows 7 atau Windows 8 dari Flash Disk.

Catatan :
  • Jika yang Anda miliki bukan file ISO melainkan DVD bootable, copy-paste saja seluruh isinya ke Flash Disk.
  • Jika Anda tidak mem-format Flash Disk (jadi Anda dapat membuat bootable Flash Disk meskipun di dalamnya sudah terdapat file atau folder pribadi Anda), hapus dahulu file "autorun.inf".
Mudah bukan? Saya sudah mencobanya untuk Windows 7 dan Windows 8. Selamat mencoba :)