Tools Powerfull Untuk Edit Template Blog Anda

Edit Template Blog
Beberapa blogger mungkin mengalami kesulitan ketika hendak melakukan edit template blog, seperti pada kasus di postingan saya tentang cara membuat menu navigasi slide horizontal blogspot, beberapa menanyakan bagaimana menemukan kode tertentu atau bagaimana cara mengeditnya supaya lebih mudah. Pada posting kali ini, saya akan membahas tools bagus yang bisa anda gunakan untuk edit template blog anda.



Syarat penting untuk anda bisa edit template blog anda adalah paling tidak anda mengerti dengan kode-kode css maupun html. Tools yang saya beberkan berupa aplikasi terpisah dengan browser dan tolls lain yang berupa addons yang menyatu dengan browser mozilla firefox, dan yang pasti tool berikut ini adalah gratis.

1. Pixel
Ini adalah aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengambil sebuah contoh warna dari berbagai media. Anda tinggal jalankan aplikasi ini, kemudian anda letakkan mose anda pada media yang hendak anda ambil sample warnanya, lalu anda salin saja kode html warna yang muncul.

2. Notepad++
Aplikasi ini berguna untuk mengedit kode html template anda. Salah satu kelebihannya yang saka adalah, ketika anda melekatkkan kursor pada suatu kode permulaan html, aplikasi ini juga akan memberikan blog pada kode itu baik pada kode awal maupun pada kode penutup. Dilengkapi juga dengan kode-kode css yang lain yang bisa anda gunakan untuk edit template blog anda.

3. MeasureIt
Ini adalah addons untuk mozilla firefox. MeasureIt berguna untuk mengukur panjang dan lebar dari blog anda dalam pixel. Anda tinggal mengeser mouse anda pada blog dan anda akan memperoleh berapa panjang dan lebar dari gambar atau element blog yang anda ukur tadi.

4. Web Developer
Ini juga addons mozilla firefox. Fitur yang disediakan sangat lengkap sekali. Jika anda tidak mengerti bahasa pemrogaman template blog, anda bisa gunakan ini untuk mengetahu bagian mana yang hendak anda edit, yaitu hanya dengan menekan view information lalu letakkan mouse anda pada bagian blog yang hendak anda edit. Web developer akan memberikan kode css dari template blog tersebut, dan anda tinggal melakukan edit terhadapnya. Sangat mudah sekali. Silahkan anda coba.