Mempercantik Blog Dengan Javascript

Mempercantik blog
Template blogspot yang disediakan oleh blogger saat ini sudah sangat bagus daripada template blogpsot yang edisi 2004. Pada template baru ini anda juga masih bisa melakukan customize atau merubah-rubah sesuka hati untuk menjadikan blogspot sesuai dengan keinginan anda sendiri. Namun masih dengan template yang sederhana dan elegan tersebut anda masih bisa juga mempercantik blog dengan javascript. Ini adalah salah satu cara supaya blog anda terlihat tampak rapi dan enak diliat oleh pengunjung.

Yang perlu anda perhatikan sebelum mempercantik blog dengan javascript adalah untuk tidak membuat blog anda dengan tampilan javascript yang terlalu banyak. Meskipun memang enak dilihat, namun hal ini malah membuat robot search engine tidak menyukainya. Buatlah tampilan yang sederhana saja, namun tampak tetap membuat pengunjung anda senang dan betah, dan lagi robot juga gak malas berkunjung ke blog kita. Kelemahan lainnya adalah bahwa kode javascript ini tidak bisa disembunyikan dari halaman browser. Sehingga siapapun bisa saja melakukan copy terhadap javascript anda.

Javascript yang bisa anda gunakan dan paling umum digunakan adalah

1. Autoreadmore
Autoreadmode berfungsi untuk memotong postingan anda supaya tidak terlihat panjang ketika dilihat melalui hompage. Biasanya berupa link dengan tulisan baca selengkapnya, atau read more. Untuk membuatnya baca postingan membuat auto readmore blogspot

2. Recentpost
Ini untuk menampilkan posting terbaru diblog anda. Anda bisa menset recent post ini hanya tampil di dalam page saja dan tidak di homepage, sehingga memperingan load blog, dan juga supaya tidak terlihat duplicate title ketika anda berada di homepage. Anda bisa menggunakan kode untuk menyembunyikannya. Untuk saat ini, blogger mempunyai widget baru bawaan blogger untuk membuat recent post di blogspot. Anda bisa memasangnya tanpa perlu menambahkan javascript.

3. Recentcomment
Ini juga terdapat pada element bawaan blogger. Namun tampilan yang disediakan sangat sederhana. Untuk memolesnya supaya lebih indah anda bisa mengedit css di dalamnya. Jika anda tidak menyukai recen comment bawaan blogger anda bisa membuat recent comment dengan kode javascript.

4. Related Post
Ini juga widget yang sangat penting, saya anjurkan sekali anda membuat related post ini pada blog anda. Anda bisa menggunakan widget ini pada blogspot anda untuk mempercantik blog anda. Kegunaannya supaya menambah pageview blog, karena widget ini menampilkan link untuk posting yang berhubungan posting yang sedang dibaca oleh pengunjung.

Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tinggalkan komentar anda