Apa Itu 4G LTE? | Apa Kepanjangan LTE?

Pernakah anda mendengar kata 4G, saya kira pasti pernah, dan apakah anda tau Apa Itu 4G LTE?
LTE sendiri merupakan kependekan dari Long Term Evolution.
Dan Pengertian LTE adalah sebuah standar komunikasi dasar nirkabel tingkat tinggi yang didasarkan pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA dimana terjadi peningkatan dalam hal kapasitas dan kecepatan menggunakan teknik modulasi baru.
LTE sendiri pertamakali diusulkan oleh operator NTT CoOMo dari Jepang yang  telah diadopsi sebagai standar internasional dan pembuka layanan LTE pertama kali adalah perusahaan TeliaSonera di Stockholm dan Oslo pada tanggal 14 Desember 2009.
LTE Merupakan  standar untuk teknologi komunikasi data nirkabel dan merupakan lanjutan dari teknologi GSM/UMTS standar. Sedangkan  tujuan dari LTE adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan jaringan data nirkabel menggunakan teknik DSP (Digital Signal Processing).
Sebagai teknologi tingkat tinggi, LTE mampu mendownload sampai dengan kecepatan hingga 300 Mbps dan upload 75 Mbps.

Beberapa kelebihan yang dimiliki LTE antaralain:

1. Tingkat download sampai dengan 299.6 Mbis/s dan tingkat upload gingga 75.5 Mbis/s tergantung pada katrgori perangkat yang digunakan.
2. Peningkatan dukungan untuk mobilitas, sebagai contoh dukungan untuk terminal bergerak hingga 350km/jam atau 500 km/jam tergantung pita frekuensi
3. Dukungan untuk semua gelombang frekuensi yang saat ini digunakan oleh sistem IMT dan ITU-R
4. Di daerah kota dan perkotaan, frekuensi band yang lebih tinggi (seperti 2.6 GHz di Uni Eropa) digunakan untuk mendukung kecepatan tinggi mobile broadband.
5. Dukungan untuk MBSFN (Multicast Broadcast Single Frequency Network). Fitur ini dapat memberikan layanan seperti Mobile TV menggunakan infrastruktur LTE, dan merupakan pesaing untuk layanan DVB-H berbasis siaran TV.
Sekian Postingan saya mengenai apa itu 4G LTE, Dan berita ini saya modifikasi dari Blog TEKNOKERS.COM