2.500 Ponsel Bekas Jadi Pohon Natal

Menyambut Natal, pusat perbelanjaan dipercantik dengan berbagai aksosoris dan ornamen bernuansa Natal. Nah, sebuah pusat belanja elektronik di Vietnam bernama Westcom Electronic Mall, punya pohon Natal yang unik, terbuat dari ribuan ponsel bekas.
Selain ditujukan untuk menyambut Natal, pohon dari ponsel bekas ini bertujuan menyampaikan pesan peduli lingkungan, salah satunya dengan mendaur ulang sampah elektronik.

Dikutip NETRZINDO dari Cellular-news, Selasa (13/12/2011), pohon dengan ketinggian 4,5 m ini disusun dari 2.500 unit ponsel bekas yang dikumpulkan sejak April dari seluruh pegawai pusat perbelanjaan yang berlokasi di provinsi Tien Giang tersebut.

"Pohon ini mencerminkan realita bahwa Vietnam dengan cepat menjadi tempat pembuangan sampah elektronik dalam jumlah besar," kata Tran Hoang Quan, Direktur Westcom Electronics Mall.

Menurut studi, orang Vietnam menggunakan lebih dari 110 juta unit ponsel dan lebih dari 50 juta unit di antaranya dibuang begitu saja setiap tahun. Angka ini setara dengan 400 ton sampah elektronik.

Disebutkan Tran, pohon Natal ini nantinya akan dilelang untuk kemudian didonasikan hasilnya ke organisasi amal setempat.