Tips dan Cara Submit Sitemap Ke Google



Sebagai seorang webmaster, tentuanda sudah tahu tentang traffic yang akan di datangkan ke website kitatersebut. Ada yang submit ke free directory, ada yang pakai iklan PPC, ada yangpasang pakai direct ads dan yang terakhir adalah mendatangkan traffic darisearch engine seperti Google. Google di yakini memiliki peran yang besar dalamkeberhasilan seorang webmaster maupun blogger untuk mendatangkan traffic ke website nya.
Kali ini saya mencoba sharingbagaimana agar website kita bisa di index secepatnya oleh Google. Di index,berarti website kita segeral di kenali oleh Google. Banyak orang beranggapanbahwa Google sebagai organic traffic memiliki kualitas tinggi dalammendatangkan traffic ke website kita. Saya setuju akan hal tersebut. Karenaketika orang mencari informasi di search engine dia ingin mendapatkan informasiyang sesuai dengan kata kunci yang dia inginkan dan jika website kita relevan,maka traffic yang berkualitas pun akan kita dapatkan.
Untuk itu, anda harus memberikansatu peta kepada search engine agar seluruh isi website anda bisa di exploredengan mudah dan cepat. Nama peta itu biasa disebut dengan sitemap. Jika andamemakai CMS, banyak sekali plugins yang menawarkan fasilitas untuk men-generatesitemap secara otomatis. 

Sekarang kita tinggal me-register sitemaptersebut kepada Google. Google sudah menyediakan WebmasterTool untuk kita me-submit sitemap website kita.
Jika kita sudah mempunyai akun diGoogle, kita tinggal masukkan account yang sama ke GoogleWebmaster Tools. Berikut langkah yang bisa anda ikuti:
Klik Sign In to Webmaster Tools.

1. KlikSign In to Webmaster Tools.
Kalo kamu blogger pasti sudah memiliki account Gmail maka otomatis kamu akan langsung memasuki Zona sebagai berikut :

2.Jikawebsite anda belum terdaftar di dalam Google Webmaster Tools, ketikanURL website anda ke kotak Sites dan klik tombol Add Site

3.Lalukalau URL anda belum terindex sama sekali oleh Google, anda akan dimintamengklaim website tersebut. Google menawarkan beberapa cara, kalau saya memilihuntuk mengupload file kosong dengan nama yang telah di tentukan oleh Google.Format file tersebut adalah htm. 
4. Kalau proses klaim sukses, anda akan di bawa ke halaman overview yang berisikan summary tentang status index domain anda.Untuk submit sitemap domain anda, klik menuSitemap di sebelah kanan bawah..
 5.Masukan rss http://percetakan-astrajingga.blogspot.com/atom.xml click submit fdan hasil nya sebagai berikut :
6. Udah selesai, tinggal kita menunggu aja Google mengunjungi site kita.
Waktu Google crawl website kita bisabervariasi, dari hanya 1 jam sampai seminggu.

Dan ini adalah contoh hasil statistick yang telah terindex GOOGLE :
Happy blogging dan tetep seeemaaaangaattt.... :)