Karier Orang Egois Berpotensi Memimpin



ORANG dengan perilaku egois dan agresif ternyata terlihat lebih menarik untuk memimpin. Sifat demikian juga paling memungkinkan seseorang untuk dipromosikan di tempat kerja, menurut sebuah studi.



Studi ini menemukan bahwa mereka yang bekerja tanpa pamrih merupakan jenis kepribadian yang paling disukai, tetapi sayangnya sifat itu justru dianggap sebagai kandidat yang kurang menarik untuk kepemimpinan dan cenderung diabaikan untuk promosi, menurut Daily Mail, Senin (10/10).



Studi ini juga menemukan bahwa agresi menyiratkan kekuatan, sedangkan altruistik dianggap sebagai tanda kelemahan.



Penelitian yang digelar Sekolah Manajemen Kellogg, Stanford Graduate School of Business, dan Carnegie Mellon University School of Business Tepper ini juga menemukan bahwa orang dengan kepribadian ramah merupakan sosok yang paling populer, tapi mereka juga dianggap lemah atau mudah ditipu. Adapun mereka yang memiliki perilaku lebih dominan dan agresif dipandang sebagai kepribadian 'alpha'.



"Menjadi egois membuat Anda tampak lebih dominan dan menjadi dominan membuat Anda tampak lebih menarik sebagai seorang pemimpin, terutama ketika ada kompetisi," kata asisten peneliti Robert Livingston dari Kellogg School. "Tanpa disadari, studi ini menyimpulkan: Kebaikan sama dengan kelemahan," jelasnya.



Dr Livingston percaya bahwa kecenderungan mengasosiasikan agresi dengan kepemimpinan menjelaskan mengapa begitu mudahnya terjadi korupsi.

( From various sources : Dari berbagai Sumber )



.... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... ....