Cara Mengunci Folder Menggunakan Folder Lock 7

Kali ini saya akan menjelaskan cara menguni sebuah folder menggunakan Folder Lock 7. Folder tesebut akan diberi nama "locker" (kotak penyimpanan yang dapat dikunci dengansebuah password). Nah, dalam "locker" tersebut nantinya kita kita gunakan sebagai tempat menyimpan folder atau file-file yang kita kehendaki. "Locker" tersebut
dapat diberi password sehingga tidak ada seorangpun yang dapat membukanya kecuali dia mengetahui passwordnya. Karena saya tidak menemukan cara menggunakan Folder Lock 7 pada menu Help dan begitu juga di situs resminya sehingga saya harus mempelajarinya dan mencobanya beberapa kali. Bagi Anda yang ingin menggunakan software ini silahkan ikuti tutorial (pengalaman saya) ini. Tutorial ini menjelaskan cara membuat folder yang terkunci pada USB Drive atau Flash Disk menggunakan Folder Lock 7.
  1. Setelah menancapkan Flash Disk, jalankan Folder Lock 7. Pada jendela utama Folder pilih menu Protect USB Drive.

  2. Setelah muncul jendela "Welcome", klik Next.
  3. Pada jendela "Portable Locker Option" pilih "create a new portable Locker in My USB device" kemudian klik Next.
  4. Pada jendela "New Portable Locker" isilah dengan lengkap kemudian (nama locker, dst.) kemudian klik Next.

  5. Pada jendela "How much data you want to protect" tentukan berapa kapasitas locker yang akan dibuat (tersedia pilihan hingga 2 TB). Anda tidak perlu membuat "locker" 2 TB jika Anda hanya akan menyimpan sedikit file. Setelah menentukan kapasitasnya klik Next.

  6. Silahkan menunggu!
  7. Succes!

Setelah sukses membuat "locker" (Portable Locker), buka flash disk Anda periksalah nama "locker" yang telah Anda buat.
Setelah menemukannya klik dua kali "locker" tersebut untuk memulai memasukkan file/folder. Anda akan diminta memasukkan password, setelah memasukkan password locker Anda akan terbuka. Gambar di bawah ini "locker" yang telah saya isi.

 

Jika ingin memasukkkan file/ folder klik ikon Folder, maka akan terbuka jendela baru. Distulah Anda akan menyimpan file atau folder, untuk mengisinya seret file atau folder yang Anda kehendaki ke jendela tersebut. Setelah selesai tutuplah. Selesai! File-file Anda sudah tersimpan dengan aman. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.



Download Folder Lock 7 DI SINI