BLOG : Memperindah Tampilan Blog Dengan Mengganti Template




Sebelum memulai Bisnis di Internet, sebaiknya kita memperindah tampilan blog dulu, karena bagaimanapun tampilan blog ibarat etalase toko sebelum menuju masuk yang lebih dalam, agar toko kita yang berupa blog tampil menarik di mata pengunjung.
• Untuk mempercantik tampilan blog, blogger menyediakan ratusan jenis template selain template dasar atau standar yang jumlahnya hanya puluhan. Kita dapat mencarinya di blogger.com. Disana bisa dilihat dan dicermati satu persatu dengan meng klik "demo" untuk disesuaikan dengan jenis, materi, topik maupun tujuan blog kita. Ingat, blogger menyediakan 126 buah tempalte, diluar tempalte standarnya.
• Setelah ada kesesuaian, silakan di download beberapa template sebagai cadangan apabila sewaktu-waktu ingin merubah tampilan, lanjut simpan di hardisk atau flashdisk. Untuk diketahui bahwa jenis file di blogger.com yang disimpan tadi adalah file zip (winzip).
• Seperti biasa, jika ingin merubah/mengganti template, tindakan kita adalah masuk ke akun blogger kita, klik menu "tata letak" --klik "Edit HTML" -- klik "Expand Template Widget" Disana akan muncul kode template yang lama, silakan di copy lanjut simpan (siapa tahu sewaktu-waktu kita butuhkan). Setelah menyimpan, kembali ke ruang edit HTML untuk mengosongkannya (jadi.. hapus bersih kode HTML yang lama untuk diganti yang baru dengan cara unggah dari hardisk anda).
Selanjutnya buka file dimana kita simpan template hasil download dari blogger.com. Tentukan dan buka template yang dikehendaki, kemudian arahkan kursor ke file "xml" dan klik kanan, lanjut klik view. Nah muncullah template yang dikehendaki dalam bentuk html. Silakan copy seluruhnya. Agar copy sempurna dan tidak ada yang ketinggalan, gunakan "Ctrl a" kemudian copy paste kan ke/di ruang "Edit HTML" yang sudah dibuka sebelumnya. Jangan lupa klik "simpan perubahan".
• Jangan kaget, mungkin sebelumnya anda banyak memiliki gadget atau widget, dengan telah ditempelkannya template baru, kemungkinan ada sebagian gadget atau widget yang hilang, hal ini disebabkan oleh template yang baru hanya membawa gadget/widget standarnya. Untuk mengatasi hal tersebut anda harus memilih pertahankan widget.
( From various sources : Dari berbagai Sumber )

.... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... ....