BLOG : Memperindah tampilan blog dengan menambahkan wigdet



Ketika membuat blog, selain memperhatikan artikel sebagai unsur utama dari blog ...kita juga perlu memperhatikan widget2 yang juga menunjang penampilan blog. Dengan penampilan yang menarik tentu akan membuat pengunjung semakin suka dan akan selalu mengingat blog kita.



http://news.cnet.com/i/bto/20090803/Verizon_Widget_Bazaar_610x421.PNG

Widget, jika dihubungkan dengan web ataupun blog adalah alat ataupun tool yang dapat dipergunakan untuk menambah keindahan blog, selain juga fungsi2 nya yang utama.

Untuk pemasangan widget2 tersebut, tentu saja sangat mudah karena pengelola / penyedia layanan telah memberikan kemudahannya. Biasanya kita hanya tinggal mendaftar disana dan langsung bisa menggunakan widget2 nya.



Tapi, untuk kelancaran loading blog disarankan untuk tidak memasang terlalu banyak widget, karena akan memperlama orang untuk membuka blog kita secara utuh.











Berikut beberapa layanan yang bisa anda pergunakan widget2 nya.



1. Plugin sosial Facebook

Facebook, sebagai salahsatu social network terbesar menyediakan beberapa widget yang dapat dipasang diblog. Diantaranya adalah Like Button, Like Box dan lainnya. Banyak blogger yang memasang widget dari Facebook ini untuk menghubungkan blog dengan akun fb nya.



2. MyBloglog's Recent Readers

Sepertinya layanan ini sangat disukai blogger dan banyak dipasang diblog. Widget ini memperlihatkan avatar para pengunjung blog.





3.Flickr Flash Photo Stream Badge

Widget ini menampilkan photo-photo dari profil flickr Anda secara berurutan dan dengan sentuhan flash. Flickr merupakan bagian dari yahoo jadi untuk mendapatkan widget ini Anda memerlukan account yahoo seperti pada widget MyBlogLog di atas.



4. Twitter Bage

Twitter Badge ini dapat juga dipasang diblog, jika kita mempunyai akun twitter dan suka berceloteh disana. Dengan memasang badge ini kita dapat mengarahkan pengunjung untuk menjadi follower kita di twitter.



5. 3Jam

Widget ini memudahkan pengunjung blog untuk berinteraksi dengan Anda dengan mengirimkan SMS pada henpun Anda tanpa mereka tahu nomor HP Anda.



6. ClockLink

Untuk anda yang ingin menampilkan penunjuk waktu, dapat menggunakan layan penyedia widget ini.



7. Daily Painter

Widget ini menampilkan lukisan2 hasil karya pelukis dunia. Untuk anda yang berjiwa seni patut memasang widget ini di blog, untuk berbagi dengan pengunjung menikmati karya2 pelukis dunia.





8. Feed Count

Widget ini menampilkan jumlah pengunjung blog anda dan berhubungan dengan akun feedburner anda.



9. Web/Blog Counter

Widget ini dari Histats.Com yang memungkinkan Anda bisa melacak pengunjung datang dari mana saja, lewat pintu mana saja, dan menghitung jumlah pengunjung blog Anda sehari-hari berapa, referer dari blog mana saja, dan jika melalui search engine semisal google, yahoo, msn menggunakan keyword apa, juga jika anda ingin melihat IP Address pengunjung blog anda.





Untuk widget2 selanjutnya, akan kita bahas nanti.



thanks,

( From various sources : Dari berbagai Sumber )



.... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... ....