BLOG : 2 Metode Optimisasi web/blog



Membuat sebuah blog/website dikenal bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun bukan juga hal yang gak mungkin untuk dilakukan. Seperti hal-nya menjual sebuah barang, demikian pula halnya dengan sebuah blog. Sobat harus rajin-rajin mempromosikan blog sobat. Karena di luaran sana banyak sekali orang-orang ber-uang yang bersedia membayar agar blog/website-nya terkenal. Lewat sebuah promosi, suatu barang yang kurang baguspun akan dikenal oleh orang, sebaliknya suatu barang yang bagus tanpa adanya promosi maka tidak akan banyak orang yang mengenal barang tersebut. Sehingga peluang barang tersebut untuk laku di pasaran semakin kecil. Hal inilah yang membuat banyak marketer baru gagal untuk memulai karena mereka tidak yakin bagaimana untuk mempromosikan sebuah website baru. Bagaimanakah sebenarnya mendapatkan trafik pengunjung dari search engine (mesin pencari) dengan tanpa modal, jadi bukan mendapatkan trafik dengan cara membayar.



Ada 2 metode untuk melakukan optimisasi website (mempromosikan website agar mendapatkan trafik) :

a. on page : memasang meta tag keyword, description dan sebagainya pada blog/web.

b. off page : dengan membangun backlink atau bagaimana agar serach engine semakin tahu kehadiran blog/web kita.

Sobat bisa mulai dengan metode off page optimisasi, langkah-langkahnya :

1. Bookmark setiap halaman blog/web sobat pada Digg dan Propeller. Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan setelah blog/web sobat sudah siap. Pilih hanya 1 halaman dan submit (daftarkan) di Digg dan Propeller. Ini akan membuat blog/web sobat diindeks oleh Google.

Warning : Jangan mensubmit lebih dari 1 halaman dan jika sobat memiliki banyak sekali blog/web yang tampilannya mirip atau serupa, pastikan sobat membuka akun yang berbeda untuk membookmark atau account sobat akan disuspend.

2. Tulislah 5 artikel dan posting sebanyak mungkin ke layanan artikel directory. Beberapa artikel direktori yang wajib anda setori artikel antara lain Ezinearticles, ArticleDashBoard, Buzzle, GoArticles.

3. Submit blog/web ke link direktori. Ada argumen pada apakah submit ke link direktori masih efektif sebagai usaha membangun link. Di beberapa situs PR tinggi, sobat akan melihat banyak link yang berasal dari link direktori. Jika sobat yakin bahwa setiap link ke blog sobat akan membantu sobat dalam meningkatkan index pencarian website di search engine, submit ke situs web direktori merupakan cara untuk mendapatkan banyak one way link (link satu arah).

4. Menset up 3 way link exchange (tukar link 3 arah). Namun, 3 way link sobat harus keluar uang. Harganya $ 47 sebulan. Kapan-kapan saja sobat mendapatkannya bila sudah memiliki website 10-20. Langkah ke 4 ini hanya pilihan,dengan menjalankan langkah 1-3 saja sobat akan bisa mendapatkan PR untuk web anda antara 2-3.



Dengan langkah-langkah tersebut diatas, paling tidak web/blog sobat sudah akan dikenal oleh search engine. Langkah-langkah tersebut hanyalah sebagian kecil saja dari tekhnik SEO, sobat juga bisa melakukan tekhnik SEO- tekhnik SEO yang lain untuk optimasi.

Demikian cara-cara offpage yang bisa sobat terapkan pada blog/website sobat. Semoga sobat sukses....

( From various sources : Dari berbagai Sumber )



.... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... .... ....