Mengatasi Error 404 Custom Domain Blogspot

Beberapa waktu yang lalu, menurut analisis bloggerafif sekitar tanggal 14, 15, 16 Agustus 2011, blog ini tidak dapat diakses. Semua halaman pada blog ini mengalami error 404. Namun anda masih bisa mengakses melalui catch terakhir google melakukan index halaman bloggerafif. Kalau menggunakan Google.co.id biasa dinamakan dengan tembolok. Posting kali ini membahas error 404 custom domain blogspot.

Wow, error 404 apaan tu? Wah ribet juga memahami kode-kode kayak gini. Namun kurang lebih sebagai gambaran umum, kode error 404 biasanya muncul karena ada beberapa link html yang mengalami kerusakan (broken). Bisa broken link dalam blogpost ataupun bisa juga karena masalah server, seperti server mengalami down atau masalah pada setting dns-nya.

error 404 custom domain

Berikut ini cara bloggerafif mengatasi error 404 custom domain blogspot. Karena bloggerafif menggunakan custom domain, maka cara pertama yang dilakukan waktu itu adalah menggunakan tool dari Google Webmaster, dengan menganalisa apakah ada kerusakan pada blog ini. Dan hasilnya memang terdapat kegagalan index pada tanggal-tanggal tersebut dan status yang muncul adalah error 404. Setelah cek sana-sini apakah terdapat blogpost yang juga broken link, ternyata hasilnya nihil.

Langkah berikutnya dengan meninjau server blogger, dan ternyata server blogger tidak ada masalah atau tidak ada jadwal maintenance pada waktu tersebut, seperti beberapa waktu yang lalu dimana blogger sedang melakukan maintenance secara beruntun selama beberapa hari.

Berikutnya dengan menganalisa DNS pada domain bloggerafif. Dan ternyata, setting dns pada bloggerafif yang terdapat pada manage domain direset oleh penyedia domain (Idwebhost). Wah gawat nih. Segera bloggerafif menghubungi customer service untuk konfirmasi, dan hasilnya memang sedang dalam proses maintenance sehingga dns semua domain direset (dikosongkan) bahkan info clien juga direset. Untuk pengisian kembali dns bisa dengan mengirim email ke support@idwebhost.com atau seles@idwebhost.com isinya nama domain anda dan setting nameservernya. Seperti berikut ini :

To: support@idwebhost.com, sales@idwebhost.com
Subjek: Request Nameserver
Isi Pesan :
Domain: http://bloggerafif.com/
Name Server 1 : fns1.dnspark.net
Name Server 2 : fns2.dnspark.net

Sebagai catatan: nameserver anda sesuaikan dengan dns-name yang anda gunakan. Blog anda akan bisa di akses kembali dalam 1 x 24 jam. Semoga bermanfaat dan membantu bagi blog anda yang masih belum bisa diakses.

Silahkan baca artikel yang lainnya seperti Top 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia atau Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet