Sitemap Blogger “Google Webmaster”

Sebuah situs memerlukan sebuah sitemap. Sitemap penting untuk membantu robot search engine seperti Google untuk melakukan crawl terhadap isi situs kita. Dengan sitemap, robot menjadi tidak kebingungan dan salah sasaran ketika dia melakukan crawl. Semakin banyak halaman dalam sitemap yang dijelajahi oleh robot, maka semakin banyak halaman situs anda yang akan ditayangkan dalam search engine. Berikut cara membuat sitemap melalui Google webmaster.

1. Untuk membuat sitemap, kamu harus Login lebih dahulu di Google webmaster dengan menggunakan ID Gmail. Jika kamu tidak punya, kamu harus Sign-up lebih dahulu. Jika kamu sudah Log-in, akan muncul jendela seperti ini :

2. Masuk ke bagian alat webmaster, dan tambahkan situs/blogmu 




3. Sekarang kamu masuk di bagian kanan bawah Peta Situs, Kirim Peta Situs. Tekan kirim peta situs, maka akan muncul kotak yang harus kamu isi. Isi dengan URF Feed blog/website kamu. Biasanya seperti ini :Isi sitemap dengan URL Feed blogmu, biasanya adalah seperti ini:
http://namablogmu.blogspot.com/feeds/posts/default

maka akan muncul seperti ini







kamu tinggal menunggu sampai status icon jam dinding
berubah menjadi tanda centang.

Oke, sudah selesai. Dengan memasukkan sitemap dari feed blogmu, maka setiap kamu posting update terbaru akan otomatis terkirim ke Google Webmaster dan tinggal menunggu Google untuk mengindex blogmu.
Jika ada pertanyaan ato kritik dan komentar silahkan, mari kita sama-sama berbagi. Share is beautiful